Langkah Budidaya Jahe Merah Di Tempat Sempit

https://4.bp.blogspot.com/-4zvQt1dinhE/WY6ArVKTxtI/AAAAAAAABAo/ntS-R5Eb1II2UEEXFMWCtCEAv3ekSDkyQCLcBGAs/s72-c/jahe%2B10.png click to zoom
Ditambahkan 07.00
Kategori Budidaya Jahe Merah Ditempat Sempit
Harga
Share
Beli Sekarang

Review Langkah Budidaya Jahe Merah Di Tempat Sempit

Rp. 100.000 ~ Rp. 50.000 @

 Langkah Budidaya Jahe Merah Di Tempat Sempit - Tidak adarotan akarpun jadi sekian kata pepatah. Walau tidak miliki tempat, halaman rumah-pun jadi seandainya ada kekuatan serta tekad.
Halaman sempit di sekitaran tempat tinggal nyatanya dapat digunakan lebih produktif jadi media bertani untuk menaikkan isi kantong kita. Belakangan ini sebagian warga desa meningkatkan tehnologi simpel ini, yakni menanam jahe dalam kantong sisa bulog atau dalam plastik polybag.


Anda dapat berusaha untuk mempraktikan tehnologi pertanian ini. Di mana anda dapat menanam lebih kurang 800 buah Polybag yang ditanami jahe merah di samping-samping halaman tempat tinggal yang tidaklah terlalu luas. Tehnologi ini termasuk sangatlah praktis, gampang serta murah tetapi dapat hasilkan penambahan uang saku yang fantastis. Dari satu polybag rata-rata dengan modal cuma dua ribu rupiah juga akan peroleh pengembalian sampai beberapa ratus ribu rupiah.
Tehnologi pertanian ini telah banyak dikembangkan di lokasi kabupaten Banjarnegara terutama di daerah kecamatan Mandiraja. Orang-orang telah banyak menanam serta membudidayakan jahe merah ini di pinggir-pinggir kolam bahkan juga di samping-samping halaman tempat tinggal mereka.


“Menanam Jahe tidak sangat sulit” tuturnya. Jahe termasuk type tumbuhan yang gampang diperkembang di media-media yang terbatas, serta langkah menanamnya-pun cukup gampang. Pertama-tama jahe yang juga akan jadikan bibit diambil dengan pilih jahe berkwalitas. Kemudian buat media pembibitan dengan mencampurkan tanah, pupuk kandang, sabut kelapa serta pasir untuk buat media tumbuh bibit. Tebarkan bibit jahe tersebut di dalam media yang sudah disediakan. Tanam dengan kedalaman lebih kurang tiga cenitimeter dari permukaan. Janganlah lupa, di atas tanah tempat persemaian ditutup jerami atau dedaunan dan peneduh seperti daun kelapa atau dedauanan beda. Maksudya yaitu mengindari air hujan dengan segera menetes diatas media semai hingga bibit jahe itu akan tidak keluar ke permukaan.


Sembari menanti tumbuhnya tunas, sediakan juga kantong-kantong polybag, baik polybag plastik atau mungkin dengan kantong sisa beras bulog ukuran 15 kg, lalu mengisinya dengan media tanam yang sama yakni kombinasi tanah, pasir, sabut kelapa serta pupuk kandang. Isi kantong itu setinggi lebih kurang 10cm, lantas lilit kantong sisi atas hingga ukuran tanah.
Sesudah penyemaian bibit sepanjang lebih kurang dua minggu serta kurang lebih tumbuh sejumlah tiga lembar daun, lalu pindahkan bibit itu dalam media tanam lewat cara memotong tunas itu dari rimpangnya lalu pindahkan ke polybag yang sudah disediakan barusan. Tanam kembali rimpang yang sudah diambil tunasnya untuk disemaikan kembali.


Sesudah tanaman dalam polybag tumbuh tinggi serta tumbuh sejumlah tunas sejumlah 3 hingga 5 tunas, lalu berikan tanah kembali dalam polybag sembari melepas sedikit-demi sedikit lilitan kantong itu ke atas. Demikian selanjutnya.
Jadi deskripsi, satu kg bibit jahe bisa hasilkan seratus sampai duaratus tunas yang siap dipindahkan kedalam polybag serta dalam periode waktu 9 bulan hingga 1 th. juga akan hasilkan 4 hingga 9 kg jahe dalam satu polybag.
Jadi bila anda masih tetap mempunyai halaman tempat tinggal yang belum juga produktif, anda dapat coba menaikkan pemasukan lewat cara menanam Jahe.


Komentar